Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) diwakilikan oleh “Team Ganesha Jogja” mencatatkan prestasi gemilang menjadi juara 1 kompetisi ASEAN Geospatial Challenge National Level 2023. Atas capaian tersebut, tim ITB akan membawa nama Indonesia untuk berkompetisi di tingkat ASEAN.

 Salah satu anggota tim tersebut adalah Mahasiswa Prodi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air atas nama 15819015 Muhammad Reza F Angkatan 2019.

ASEAN Geospatial Challenge 2023: Geospasial Youth Edition menyatukan para pemuda di kawasan ASEAN untuk menggunakan teknologi dan informasi geospasial guna mendukung negara-negara dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Acara ini diselenggarakan oleh Singapore Land Authority (SLA). Lomba ini ditargetkan untuk mahasiswa dari Institusi Pendidikan Tinggi (IHL) di wilayah ASEAN.

Tim yang dinamakan Ganesha Jogja mengangkat topik pertanian dan irigasi sebagai penelitian mereka. Dalam kesempatan wawancara, ketua tim menyampaikan bahwa topik yang diajukan merupakan pengembangan dari topik yang pernah dilombakan di kompetisi Datathon Jabar Georestart 2022. Tim ingin menganalisis kesesuaian lahan pertanian dan skema prioritas jaringan irigasi di Indonesia untuk dijadikan prototipe berupa aplikasi yang dapat digunakan.

Reza dan tim dinobatkan menjadi juara 1 skala nasional pada 9 Februari 2023. Lalu, mereka berkesempatan menjadi perwakilan Indonesia untuk bertanding di tingkat ASEAN pada tanggal 21 Februari 2023 secara daring. Pada 5 Maret 2023, bertepatan hari ulang tahun Mail, adalah pengumuman lomba. Tim Ganesha Jogja berhasil meraih Distinction Award yang setara medali emas atau juara 1. Mereka berkesempatan menghadiri acara penghargaan di Marina Bay, Singapura, pada tanggal 14-16 Maret 2023.

Leave a Comment