Silabus

SA 2101 Matematika Rekayasa I (Wajib, 3 SKS)
Metode penyelesaian sistem persamaan aljabar linear, matriks, operasi matriks, vektor pada ruang 2 dan 3 dimensi, operasi vektor, penyelesaian persamaan diferensial biasa.

SA 2102 Mekanika Fluida (Wajib, 3 SKS)
Momen inersia gaya pada bidang datar dan ruang, gaya geser dan momen lentur, statika benda tegar, Keseimbangan benda tegar, Analisis struktur pada rangka batang, Hubungan tegangan-regangan pada suatu material elastik/plastik, tegangan regangan, konsep dasar struktur pasangan batu, kayu, beton, baja, dan struktur komposit.

SA 2103 Hidrologi I (Wajib, 3 SKS)
Pengantar mekanika fluida, Distribusi tekanan pada fluida, Persamaan kontinuitas dan momentum, analisis dimensional dan similiarity, aliran viscous, aliran melalui bangunan air, dan aliran potensial.

SA 2105 Hidro-informatika (Wajib, 2 SKS)
Konsep SIG untuk SDA, pemetaan digital, rancang bangun SIG, basis data spasial dan tabular, alat pendukung SIG, analisis spasial, hidrospasial dan pemodelan (interpolasi, statistical modelling), pengantar inderaja, interpretasi citra (parameter dan metodologi), kualitas data digital, aplikasi/studi kasus di bidang SDA.

SA 2201 Matematika Rekayasa II (Wajib, 3 SKS)
Vektor dalam ruang, integral garis, integral lipat 2, intergral permukaan, integral lipat 3, Teorema Stokes, deret Fourier, aproksimasi, Konsep dasar PDE dan solusi PDE, bilangan Kompleks, deret pangkat, deret Taylor, iterasi, interpolasi, integrasi dan penurunan numeris, metode penyelesaian numerik, konsep dasar optimasi, konsep dasar statistik.

SA 2202 Pemetaan dan SIG (Wajib, 3 SKS)
Karakteristik fisik tanah, aliran air dalam tanah, gaya dan penggelembungan akibat rembesan, tegangan tanah, konsolidasi, penurunan, kompaksi, pengambilan sampel tanah, dan uji laboratorium.

SA 2203 Hidraulika (Wajib, 3 SKS)
Aliran saluran terbuka penggolongan dan sifatnya, prinsip energi dan momentum, Aliran kritis, Aliran seragam, perancangan saluran aliran seragam, konsep lapisan batas, aliran berubah lambat laun, aliran berubah tiba tiba.

SA 2204 Hidrologi II (Wajib, 3 SKS)
Hidrograf dan unit hidrograf, Analisis frekuensi, Debit banjir, Debit andalan, Flow routing, Hydrologic river routing, Model hujan-limpasan, Pengantar banjir dan kekeringan.

SA 2205 Air Tanah (Wajib, 2 SKS)
Siklus hidrogeologi, neraca air, pengenalan geologi permukaan dan properti akuifer, aliran air tanah, test akuifer dan instalasi sumur monitoring, interaksi surface-groundwater, geokimia air tanah dan penelusurannya, polusi air tanah, cekungan air tanah.

SA 2206 Hidrometri (Wajib, 2 SKS)
Karakteristik daerah survei, pengikatan elevasi (levelling), pengukuran hidrometri, pengambilan dan tes sampel, pengukuran penampang melintang sungai.

SA 2207 Kebijakan Sumber Daya Air (Wajib, 2 SKS)
Peraturan dan perundangan yang berhubungan dengan sistem Pengelolaan SDA yang berlaku di Indonesia dan kebutuhan fungsional infrastruktur SDA yang berdasarkan neraca air dan alokasi air. Kaitan dan hubungan timbal balik antara sikap prilaku manusia dan sosial kemasyarakatan dengan perencanaan pembangunan infrastruktur bidang SDA, psikologi sosial, serta etika profesi.

SA 3101 Angkutan Sedimen (Wajib, 3 SKS)
Memberikan pengertian tentang sifat dan perilaku sedimen non-kohesif dan sedimen kohesif seperti ukuran butiran, kecepatan jatuh dan pengaruh konsentrasi dan salinitas, gerak awal, angkutan material dasar, bed form dan pengaruhnya pada tahanan aliran, bed load, angkutan sedimen layang dan angkutan total. Angkutan sedimen akibat gelombang. Erosi dan desposisi, keseimbangan dinamik saluran, model numerik angkutan sedimen pada saluran dengan dasar bergerak. Erosi pada lahan dan teknik penanggulangannya.

SA 3102 Perencanaan Sistem Irigasi (Wajib, 3 SKS)
Prinsip irigasi, Hubungan tanah-tanaman-air, Kebutuhan air irigasi, pengantar sistem irigasi, Perencanaan sistem irigasi permukaan, Perencanaan saluran irigasi, Perencanaan bendung, Perencanaan sistem irigasi sprinkler dan drip, Penyiapan lahan, Kinerja irigasi, Pengelolaan irigasi.

SA 3103 Rekayasa Rawa dan Pesisir (Wajib, 3 SKS)
Definisi pantai dan lahan rendah, hidrolika pantai, mekanika gelombang, pasang surut, transformasi gelombang, sistem perlindungan pantai, proses pembentukan lahan rawa, hidrologi dan hidrometri lahan rendah, kualitas air dan tanah, merencanakan bangunan infrastruktur, pengembangan lahan rendah.

SA 3104 Teknik Pondasi Bangunan Air (Wajib, 2 SKS)
Konsep daya dukung tanah, pondasi dangkal, tekanan tanah, penurunan elastis tanah, pondasi tikar (mat foundation), tekanan tanah, dinding penahan tanah, daya dukung tiang, desain pondasi pada tanah dengan kondisi khusus, kompaksi, drain, stabilisasi, grouting, dan metode konstruksi.

SA 3105 Pemodelan Sumber Daya Air (Wajib, 3 SKS)
Teknik pengembangan model sumberdaya air, mencakup pendeskripsian suatu sistem alamiah dan sifat-sifatnya melalui pendekatan matematis serta pengenalan dan aplikasi sistem pendukung pengambilan keputusan (DSS).

SA 3106 Ekonomi Sumber Daya Air (Wajib, 2 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman tentang sumber daya air sebagai sumber daya terbaharukan dalam konteks ekonomi dan konsep kemanfaatannya.

SA 3201 Bangunan Hidraulik (Wajib, 3 SKS)
Pengantar bangunan air, Perencanaan saluran, Bangunan pengalih, Pintu air dan katup, Cross drainage dan bangunan terjun, gerusan, bangunan outlet, bangunan peredam energi, rumah pompa dan kelengkapannya.

SA 3202 Sistem dan Rekayasa Drainase (Wajib, 3 SKS)
Definisi, konsep, fungsi, jenis drainase, sistem drainase termasuk polder, saluran dan bangunan drainase meliputi data yang dibutuhkan, kriteria rancangan, cara perhitungan beban drainase, pengoperasian dan pemeliharaan saluran dan bangunan drainase.

SA 3203 Morfologi dan Rekayasa Sungai (Wajib, 3 SKS)
Watak hidraulis sungai, morfologi dan stabilitas, kemantapan dan pengamanan sungai. Watak jaringan sungai, klasifikasi dasar sungai, hidraulika sungai, dinamika perubahan morfologi, proses meandering, penanganan dan penanggulangan kerusakan lingkungan sungai, normalisasi sungai, fungsi-fungsi sungai (transportasi, flood control, dan lain-lain), bangunan pengendalian dan pemanfaatan sungai.

SA 3204 Manajemen Konstruksi Bangunan Air (Wajib, 2 SKS)
Memberikan pengetahuan dasar tentang prinsip-prinsip dan teknik-teknik manajemen sertaaplikasinya pada persoalan yang berhubungan dengan penyelenggaraan jasa konstruksi.

SA 3205 Dampak dan Perubahan Iklim (Wajib, 2 SKS)
Perubahan parameter iklim, model, observasi, prediksi, metode deteksi perubahan iklim, kondisi eksisting saat ini dan serta prediksi perubahan di masa mendatang, mitigasi dan keberlanjutan pembangunan terkait perubahan iklim.

SA 4098 Kerja Praktek / Magang (Wajib, 2 SKS)
Kerja praktek oleh mahasiswa yang dilakukan di bidang konstruksi bangunan keairan.

SA 4099 Tugas Akhir (Wajib, 4 SKS)
Merupakan kegiatan menjelang akhir pendidikan sarjana di Program Studi TPSDA. Kegiatan ini merupakan latihan bagi mahasiswa dalam memformulasikan pendapat, merancang (design) sistem, menganalisis hasil penelitian, mempresentasikan melalui laporan tertulis, mempresentasikan dan mempertanggung jawabkannya dalam sidang ujian.

SA 4101 Pengendalian Banjir Terpadu (Wajib, 3 SKS)
Definisi, penyebab, proses dan mekanisme banjir, risiko banjir, assessment, peta risiko, pengelolaan, mitigasi struktural dan non struktural.

SA 4102 Analisis Sistem dan Optimasi SDA (Wajib, 3 SKS)
Penerapan konsep perencanaan multi tujuan, multi sektoral, kebijakan dan regulasi, pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya air.

SA 4103 Waduk dan Tenaga Air (Wajib, 3 SKS)
Menguraikan aspek kerekayasaan sipil dalam pekerjaan perencanaan waduk: jenis, fungsi dan kapasitas waduk; metoda pengukuran dan analisis data; penentuan lokasi, perencanaan dan desain hidraulis bangunan utama dan penunjang, aspek operasional dan keamanan.

SA 4201 Prasarana Transportasi Air (Wajib, 2 SKS)
Memberikan konsep dan dasar perencanaan fasilitas transportasi air.

SA 4202 Pengelolaan SDA (Wajib, 3 SKS)
Manajemen SDA dengan pendekatan system konsep pengelolaan SDA holistik, IWRM, sustainable development, konsep partisipasi, integrasi dan penyusunan rencana induk lintas sektoral. pengelolaan (operasi, pemeliharaan, pemantauan), evaluasi kinerja sarana dan prasarana pengairan, kajian kebijakan makro prioritas program di bidang sumber daya air.

SA 4203 Konservasi Air dan Lahan (Wajib, 2 SKS)
Sifat dan fungsi tanah/lahan dan sumber daya air dan faktor terjadinya kerusakan, penurunan kualitas dan dampaknya bagi manusia, prinsip dasar konservasi lahan dan sumber daya air dalam pengelolaan terpadu, menyeluruh, hemat dan tepat guna, metoda konservasi lahan dengan pendekatan vegatatif, mekanis, kimiawi, erosi lahan dan pengendaliannya, dan konservasi sumber daya air dengan pendekatan pengelolaan air tanah dan air permukaan, peningkatan efisiensi pemakaian, cara pengendaliannya, evaluasi lahan dan klasifikasi kemampuan lahan.

SI 2111 Statika (Wajib, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman karakteristik struktur bangunan sipil, berbagai jenis perletakan, berbagai jenis beban, modelisasi struktur, modelisasi perletakan, modelisasi beban, susunan gaya-gaya, konsep kesetimbangan gaya-gaya statik (translasi dan rotasi), aksi dan reaksi, struktur statis tertentu (balok dan rangka batang), konsep badan bebas (free body), gaya-gaya dalam (internal forces), garis pengaruh (influence line) dan penggunaannya.

SI 2101 Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini memberikan pengenalan tentang berbagai jenis material konstruksi sipil, seperti beton, baja dan kayu. Topik-topiknya meliputi: Sifat bahan-bahan baku beton; semen, agregat, air, additive dan admixture; Sifat beton segar dan beton keras; slump, workabilitas, setting, susut, rangkak, kuat tekan, kuat lentur, kuat tarik, Perawatan beton, Perancangan campuran, Proses pembuatan baja struktur, Perilaku mekanis baja; mutu baja, daktilitas, kekerasan, fraktur, kelelahan, tegangan sisa, korosi, standardisasi produk baja, uji mekanik bahan baja. Perilaku material kayu dan material bahan bangunan lainnya juga dibahas seperti material untuk perkerasan jalan.

SI 2122 Mekanika Tanah (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini meliputi pengertian dasar tanah, komposisi dan klasifikasinya; aliran air dalam tanah; konsep tegangan efektif, tegangan-tegangan dalam tanah, tahanan geser tanah, tekanan tanah lateral, tes lapangan dan laboratorium.

SA 3111 Teknologi Tepat Guna SDA (Pilihan, 2 SKS)
Memberikan pengertian perancangan sistem, proses sesuai kebutuhan, identifikasi, formulasi, dan penyelesaian masalah sumber daya air.

SA 3211 Pengenalan Model Fisik Hidraulik (Pilihan, 3 SKS)
Definisi dan aplikasi model fisik, persamaan dasar matematis dan hidraulis, jenis, konstruksi, dan material model fisik, prosedur pelaksanaan, model komputasi, dan aspek fisik pada pemodelan.

SA 4111 Operasi dan Pemeliharaan Bangunan Air (Pilihan, 2 SKS)
Memberikan konsep, prinsip dan prosedur operasi dan pemeliharaan bangunan air.

SA 4112 Proteksi dan Restorasi Sungai (Pilihan, 2 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman mendalam mengenai: Proteksi dan restorasi sungai: definisi, jenis dan sifat, klasifikasi proteksi dan restorasi sungai, dampak bangunan air sungai pengelolaan sungai: Fungsi, manfaat, dan kebijakan pengelolaan sungai Indonesia.

SA 4113 Proteksi dan Restorasi Rawa dan Pantai (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman mendalam mengenai: Proteksi dan restorasi rawa dan pantai: definisi, jenis dan sifat, klasifikasi proteksi dan restorasi rawa dan pantai, dampak bangunan air di rawa dan pantai. Pengelolaan rawa dan pantai: Fungsi dan manfaat rawa dan pantai, kebijakan pengelolaan rawa dan pantai di Indonesia.

SA 4114 Mitigasi Bencana (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman tentang definisi, parameter, dan metoda mitigasi bencana.

SA 4115 Ekosistem Situ dan Danau (Pilihan, 2 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman mendalam mengenai danau/situ dan sistem polder, kriteria dan parameter-parameter yang mempengaruhinya serta aplikasinya atau manfaat dalam sistem tata air.