Pada umumnya penilaian perkuliahan pada Program Studi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (Prodi TPSDA) mengacu pada beberapa aturan yang berlaku di lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) seperti:

  • Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor : 266/PER/I1.A/PP/2015 tentang Peraturan Akademik Institut Teknologi Bandung Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
  • Standar Mutu Pendidikan ITB, Satuan Penjaminan Mutu ITB
  • Buku Peraturan Akademik ITB 2017
  • Kurikulum Pendidikan Program Studi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air ITB Tahun 2019

Penilaian pembelajaran dilakukan dengan penyusunan portfolio masing-masing mata kuliah, capstone assignment, dan capstone course. Penilaian dilengkapi dengan penilaian kualitatif dan kuantitatif berdasarkan harapan capaian dan realisasi (serta capaian siswa). Untuk mendukung hal ini disediakan standard portfolio yang efisien dan tepat guna.

Dalam penilaian perkuliahan, Dosen dalam menilai mengacu pada dokumen silabus mata kuliah yang telah disusun yang didalamnya telah dijabarkan secara jelas mengenai luaran, capaian, dan panduan penilaian yang harus dilakukan dalam kegiatan perkuliahan. Masing-masing mata kuliah memiliki luaran, capaian, dan panduan penilaian yang berbeda satu sama lain. Umumnya penilaian perkuliahan berdasarkan beberapa kriteria dengan bobot yang berbeda, seperti

  1. UTS
  2. UAS
  3. Kuis
  4. Tugas Kelas
  5. Tugas Besar
  6. Praktikum
  7. Presensi kehadiran

Metode-metode penilaian di atas merupakan metode penilaian yang umum dilakukan pada keseluruhan mata kuliah yang ada di dalam kurikulum Prodi TPSDA. Adapula inovasi metode penilaian yang diterapkan pada Kurikulum Prodi TPSDA 2019, yaitu Capstone Assignment. Capstone Assignment merupakan metode penilaian dengan beban 36-45 jam meliputi 2 atau 3 kuliah yang saling terkait. Capstone Assignment adalah tugas besar yang melibatkan group MK untuk mengukur student outcome (SO). Periode pelaksanaannya merupakansebagai titik monitoring pencapaian semua SO. Capstone Assignment tersebut terdiri dari:

  1. Assignment 1   Inundation Mapping: SA2202 Hidraulika; SA2203 Hidrologi II; SA2206 Pemetaan dan SIG (Semester 4)
  2. Assignment 2   Coastal Development: SA3103 Rekayasa Rawa dan Pesisir; SA3104 Rekayasa Air Tanah; SA3105 Perencanaan Struktur Bangunan Air I (Semester 5)
  3. Assignment 3   Flood Control : SA3201 Morfologi dan Rekayasa Sungai; SA3202 Rekayasa Drainase dan Pengendalian Banjir; SA3206 Pemodelan Sumber Daya Air (Semester 6)
  4. Assignment 4   River basin Management: SA4101 Pengelolaan Sumber Daya Air berkelanjutan; SA4102 Analisis Sistem dan Hidrooinformatiks (Semester 7)
  5. Assignment 5   Dam & Hydropower: SA4103 Rekayasa Bendungan; SA4104 Rekayasa Tenaga Air(Semester 7)

Tabel Keterkaitan antara capaian pembelajaran mata kuliah dan SO

Dosen mata kuliah akan menentukan nilai akhir keberhasilan mahasiswa dalam bentuk huruf dan angka sebagai berikut.

A (nilai 4,0) berarti sangat baik

AB (nilai 3,5) berarti nilai antara baik dengan sangat baik

B (nilai 3,0) berarti baik

BC (nilai 2,5) berarti nilai antara cukup dan baik

C (nilai 2,0) berarti cukup

D (nilai 1,0) berarti hampir cukup

E (nilai 0,0) berarti kurang atau gagal

Berdasarkan Buku Penilaian Akademik ITB Tahun 2017, untuk menyelesaikan pendidikan Program Sarjana, setiap mahasiswa dapat dinyatakan lulus jika:

  1. Telah mengambil semua mata kuliah yang disyaratkan oleh kurikulum Program Sarjana dan dinyatakan lulus yaitu tanpa nilai E atau T dan IP ≥ 2,00 (dua koma nol) pada Tahap Persiapan Bersama, dan tanpa nilai D, E, atau T pada Tahap Sarjana.
  2. Telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan program studi seperti penyelesaian Laporan Tugas Akhir yang disetujui pembimbing, kerja praktek, dan tugas-tugas lainnya.
  3. Telah dilaporkan kelulusannya oleh Fakultas/Sekolah secara resmi dan tertulis kepada Direktur Pendidikan ITB